Translate

Desember 24, 2011

Jamu Jun

Jamu Jun, kangen banget sama minuman yang satu ini. Eh, makanan atau minuman ya? Jamu yang satu ini sering disebut jajanan khas Semarang, tapi banyak banget orang Semarang yang belum kenal sama jajanan ini. Jamu jun ini beda dari jamu-jamu yang lain, rasanya yang manis, pedas selalu dirindukan di lidah banyak orang. Jamu jun disimpan dalam sebuah Jun (gentong kecil berleher sempit) untuk mempertahankan panasnya, so jangan heran kalo minuman ini tetap hangat walaupun tanpa kompor/pemanas lainnya. Karena leher Jun yang sempit, biasanya minuman ini diambil menggunakan gelas kecil dengan tangkai panjang dan disajikan dalam gelas/mangkok (yaiyalah ya, kalo piring pastinya bakal kocar-kacir). Bukan cuma rasa minumannya yang khas,penjualnya pun punya style yang khas dengan kebaya,selendang,jarik dan caping.Biasanya mereka menjual dengan bakul ataupun gerobak. Dulu waktu kecil seneng banget beli jamu jun ataupun serabi kuah, makan bareng-bareng temen, bergerombol melingkar mengelilingi penjualnya. hmm..ternyata kebudayaan membeli jamu jun juga bisa melatih kemampuan bersosialisasi juga ya?

Jamu jun terbuat dari campuran air, tepung beras, tepung ketan, santan, gula jawa, gula pasir, daun pandan, serta 18 jenis rempah yang disebut sariwangi batanget. Bahan rempah antara lain jahe, serai, merica, dan kayu manis. Biasanya ketika disajikan, jamu jun ditambah bubuk merica, selo (bubuk putih dari bahan herbal), serta bola-bola kecil berwarna coklat yang dinamakan krasikan. Bola-bola ini dibuat dari parutan kelapa, jahe, gula merah, dan tepung ketan.

Oh ya, semangkuk jamu jun yang sekarang ini harganya sekitar Rp 1000 – 2000.
Resep Jamu Jun sangat susah dicari, dan biasanya diwariskan turun-temurun. Mungkin karena itulah penjual jamu jun susah ditemukan. Mana ada sih anak muda jaman sekarang yang mau repot-repot jualan? Padahal kalo dikelola dengan baik dan modern bisnis jamu jun  cukup menjanjikan, karena banyak lidah yang merindukan jamu yang satu ini.
Jamu Jun pokoke sak joss'e!!!Jos Gandos lah!!

sumber foto:Loenpia.net

0 komentar:

Posting Komentar